Rabu, 11 Maret 2009

Ucapanku...???

Ucapan...
kadang dia dapat dikendalikan?
Terkadang juga kita tak tau bagaimana dia bisa keluar dari mulut kita dengan seenaknya tanpa seizin kita???
mungkin selama ini kita sudah mengenal suatu ungkapan pepatah "lidah lebih tajam dari sebuah pedang"

Bahkan Rosulullah saw bersabda "jagalah lidahmu dari siksa api neraka"

Untuk itu jika kita tak pandai menjaganya maka kita akan terjebak dengan apa yang dikeluarkan olehnya. Sungguh sangatlah menguntungkan jika ucapan tersebut adalah sebuah ungkapan yang di dalamnya terdapat sebuah pelajaran yang sangat berharga, dan sangatlah merugi jika di dalamnya terdapat suatu kemudhorotan yang membawa diri kita pada sesuatu yang tak berguna.

Dalam kesehariannya kita harus dapat mengetahui apa yang akan diucapkan dan kepada siapa kita akan mengucapakan serta jangan melupakan waktu untuk mengucapkannya. Agar siapapun yang mendengarkan ucapan tersebut tidak tersakiti.

Karena jika kita tak memperhatikan hal tersebut akanlah timbul sedikit masalah yang semestinya tidak terjadi. karena suatu keegoisan kita dalam mengungkapakan suatu ucapan adalah agar supaya orang lain selalu mendengarnya tanpa memperhatikan diri kita apakah sudah mau mendengarkan orang lain.
Kita hidup dalam suatu keindahan di dalam perbedaan. Perbedaan adalah hal yang sangat wajar untuk kita jaga. Kuncinya bagaimana kita dapat menyatukan hati atau berempaty tanpa harus menyakiti karena perbedaan yang terjadi selama ini.

Maka dari itu kita harus terbiasa memperhatikan keuntungan dan kerugiannya sebelum mengeluarkan ucapan tersebut dari mulut kita. Intinya satukan hati dengan pikiran kita dan mohonlah perlindungan dari ALLAH swt agar segala yang akan kita ucapkan mendapatkan ridho dari-Nya dan mendapatkan suatu pelajaran setelahnya.

"Niatkanlah dengan hati yang tulus, lakukanlah dengan cara yang baik dan waktu yang tepat serta jadikanlah suasananya yang menyenangkan"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar